Home » Tutorial » Cara Partisi Harddisk Windows 7 dan Vista

cara partisi harddisk windows 7 dan vistaSebelum ke tutorial cara partisi harddisk, sebenarnya apa sih partisi harddisk itu? Gampang saja. Anda pernah melihat komputer dengan 2 atau lebih drive? Misalnya drive C, D, E, bahkan sampai F? Inilah yang disebut partisi harddisk. Harddisk komputer tersebut dibagi-bagi ke dalam beberapa partisi yang selanjutnya disebut drive C, D, E, dan F.

Namun demikian, tidak semua komputer yang memiliki beberapa drive adalah komputer dengan harddisk yang dipartisi. Bisa saja memang si pemilik memasangkan hard drive lain ke komputernya. Jika demikian, unit hard drive baru ini akan dideteksi sebagai drive baru.

Lalu apa gunanya partisi harddisk?

Jika komputer Anda hanya punya 1 harddisk dan tidak dipartisi, seluruh data Anda tersimpan di drive C. Suatu saat komputer Anda error dan harus diinstall ulang. Proses install ulang ini akan mengakibatkan seluruh data di drive C terhapus. Semua data Anda akan hilang.

Lain halnya jika Anda memiliki beberapa partisi harddisk. Anda dapat menyimpan data-data Anda di drive D misalnya. Dan jika suatu saat harus install ulang, data di drive D akan selamat. Proses install ulang hanya menyebabkan data di drive C yang hilang. Data-data di drive lain tidak tersentuh.

Bagaimana? Sudah jelas bukan manfaat partisi harddisk?

Cara partisi harddisk Windows 7 dan Vista

Cara membuat partisi harddisk untuk Windows 7 dan Vista dapat saya kelompokkan menjadi 2 tahap. Pertama, pembuatan ruang untuk partisi baru. Kedua, pembuatan partisi itu sendiri di dalam ruangan yang telah disediakan.

Berikut adalah tahap 1 nya, yaitu pembuatan ruang untuk partisi baru.

  • Klik tombol “Start” pada Taskbar/ Superbar (Windows 7). Pada kotak “Search programs and files” ketikkan “Computer Management”. Enter.
  • Klik “Disk Management” di bawah “Storage”. Akan muncul daftar partisi harddisk Anda.
cara partisi harddisk windows 7 dan vista
  • Klik kanan pada harddisk yang ingin Anda partisi. Pilih “Shrink Volume”.
cara partisi harddisk windows 7 dan vista
  • Berikutnya akan muncul jendela dialog “Shrink”. Ada 3 hal di situ, yaitu:
    • Total size….. – Kapasitas drive sebelum dipartisi
    • Size of….. – Kapasistas drive tersisa yang dapat dibuat partisi baru
    • Enter the…. – Masukkan ukuran partisi baru yang ingin Anda buat. Sebaiknya di bawah ukuran “Size of….”
cara partisi harddisk windows 7 dan vista
  • Klik “Shrink”. Akan muncul volume harddisk baru yang belum dialokasikan. Ini adalah ruang untuk partisi yang akan dibuat nantinya.
cara partisi harddisk windows 7 dan vista

Selanjutnya ke tahap kedua cara partisi harddisk, yaitu pembuatan partisi itu sendiri. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik kanan pada ruangan yang telah Anda buat tadi (Unallocated volume). Klik “New Simple Volume”.
cara partisi harddisk windows 7 dan vista
  • Akan muncul jendela “New Simpel Volume Wizard”. Klik “Next”
cara membuat partisi harddisk windows 7 dan vista
  • Berikutnya, masukkan ukuran yang Anda inginkan untuk partisi baru tersebut. Jika ingin menghabiskan seluruh ruang untuk 1 partisi, maka isi sesuai dengan ukuran “Maximum disk space in MB”.
cara membuat partisi harddisk windows 7 dan vista
  • Selanjutnya, tentukan huruf yang akan digunakan untuk partisi baru tersebut. Klik “Next”.
cara membuat partisi harddisk windows 7 dan vista
  • Pada jendela berikutnya, pastikan bahwa Anda memilih NTFS pada bagian “File system”. Centang “Perform a quick format”. Klik “Next”
cara partisi harddisk windows 7 dan vista
  • Terakhir, pastikan semua pengaturan Anda sudah benar. Klik “Finish”. Jika ada yang salah, klik “Back” dan lakukan pengaturan sesuai keinginan Anda.
cara membuat partisi harddisk windows 7 dan vista
  • Selesai. Untuk memastikan proses pembuatan partisi berhasil, buka windows explorer. Lihat apakah ada drive baru di sana dan cobalah menyimpan data di drive baru tersebut.

Demikian cara partisi harddisk Windows 7 dan Vista. Cukup mudah bukan? Adakah yang belum Anda pahami dari proses tersebut? Jika ya, cukup tinggalkan komentar dan saya akan berusaha menjawab sejauh yang saya ketahui.

Referensi dan gambar:

  • http://support.microsoft.com/kb/944248/id-id
  • http://blog.protectmyid.com/wp-content/uploads/2010/10/Pie-Slice_Pic1.jpg

Tags:
Jika ada pertanyaan/kritik/saran tentang artikel diatas silahkan dikomen, tapi saya tidak janji cepat balas, jika urgen bisa hub. 081517777767

17 Responses to “Cara Partisi Harddisk Windows 7 dan Vista”

  1. Jelas bgt, tx bro, success bikin partisi, kalo partisi utk data gmn bro sama jgakah?

    Reply
    • @Bob: Sama saja dan tidak ada perbedaan. Yang penting sebelum partisi coba direncanakan dengan cermat, hardisk ingin dibagi menjadi berapa bagian dan digunakan untuk apa saja sehingga nantinya lebih mudah untuk mengelola.

      Reply
  2. Victor Jan 31, 2013

    cara mengembalikannya lg seperti semula gmana gan..?

    Reply
  3. saya sudah ikutin caranya, tetapi tidak bisa
    tolong penjelasannya…

    Reply
  4. andri Feb 2, 2013

    mas saya punya masalah nih,setelah tekan finish.muncul the operation you select basic disk(s).if you convert the disk(s) to dynamic you will not be able to start installed operating system from any volume on the disc(s)(except the current boot volume)are you sure to continue?yes no.tolong mas bagaimana solusinya?

    Reply
    • @andri: ITu artinya apakah anda yakin untuk merubah tipe partisi dari static ke dynamic? (Dengan konsekuensi, kalau dibuat dynamic maka system hanya bisa digunakan pada satu volume saja. Artinya, anda hanya bisa install di drive C saja dan tidak bisa diinstall di drive lain. Kalau static drive kan kita bisa install Windows dimana saja, baik itu C, D, E, sedang dynamic hanya bisa install di drive C saja).

      Kalau anda yakin lanjutkan. Kalau tidka yakin jangan lanjutkan.

      Reply
      • andri Feb 3, 2013

        saya jawab yes utk melanjutkan tapi selanjutnya muncul kata2 dynamic disk are not supported by this operating system or server configuration.dynamic disk are not support on cluster.gimana nih mas cara mengatasinya?makasih

      • @andri: Kalau seperti itu ya memang tidak bisa. Satu-satunya solusi yang saya tahu adalah dengan partisi ulang semua drive pada hardsik (Yang berarti semua data akan terhapus).

        Mohon maaf untuk solusi lain saya belum tahu sebab saya sendiri belum pernah menemukan solusi lain (Atau referensi lain yang membahas hal tersebut).

        Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya.

  5. ronald Feb 4, 2013

    mas, hd saya 3TB. setelah saya shrink koq jadi ada 3 partisi ya? yg 1 yg utama, yg kedua udah sukses bisa dipartisi, tp yg 3 malah ada unallocated koq? gimana jadi balikinnya ya?
    thanks

    Reply
    • @ronald: Yang Unallocated itu kapsitas kira-kira berapa? Sebelumnya ada berapa partisi?

      Reply
      • ronald Feb 4, 2013

        HD external dari 3TB, saya partisi bagi 2, jadi masing2 1,5 TB(kira2), tp jadinya malah ada 3, jadi yg utama 1,5 TB, yg ke 2 – 750GB, yg ke 3 – 750 GB. yg ke 2 berhasil di partisi, yg ke 3 jadi unallocated dan ga bisa di apa2in. akhirnya yg ke 2 saya extend lagi ke yg pertama, tp yg 3 tetap unallocated dan tdk bisa di extend.

  6. Mas,klo saya partisi drive C..apakah sisinya akan hilang?
    Terimakasih

    Reply
  7. Name (required) Aug 4, 2013

    Bro harddisk gw cuma ada C doank ini pengen gw buat ke D sama E kira kira data2 yang ada di C pada ilang gk broww..
    Thnks..

    Reply
  8. Bro, mohon info kalo komputer untuk game sebaiknya hardisk tetep di partisi atau tidak?

    Reply

Related with on Belajar Teknologi Informasi

file video tidak bisa dibuka dari flashdisk sdd pengertian cara transfer data blutooth laptop Kenapa disk c cepat habis format film dat buram di kmp player cara install ulang pc windows 7 yang sebelumnya sudah diinstal cara format hardisk jadi satu cara mengatasi hp android tak bisa daftar hotmail cara format hardisk berisi os windows7 mengganti wallpaper laptop tipe printer epson yang bagus

Cara mengembalikan folder data setelah di shrink aplikasi yang dibutuhkan setelah install windows belum tau cara bermain laptop penyimpanan kirim an foto Di laptop acer z1401 tombol fn f9 tidak berfungsi download aplikasi yang harus ada setelah laptop di install apa saja yg memperlambat booting cara setting droidvpn agar internet kenceng Penyebab film tidak bisa terbuka penyebab tidak dapat putar video di android mengatasi flash disk toshiba menjadi raw

Related with on Belajar Teknologi Informasi

file video tidak bisa dibuka dari flashdisk sdd pengertian cara transfer data blutooth laptop Kenapa disk c cepat habis format film dat buram di kmp player cara install ulang pc windows 7 yang sebelumnya sudah diinstal cara format hardisk jadi satu cara mengatasi hp android tak bisa daftar hotmail cara format hardisk berisi os windows7 mengganti wallpaper laptop tipe printer epson yang bagus

× -