Home » Berita » Perbedaan Software dan Aplikasi – Jangan Salah Sebut!

perbedaan software dan aplikasiDahulu saya suka sekali memakai kedua kata tersebut seenaknya. Pemikiran saya, keduanya adalah sama. Dalam suatu percakapan saya bisa beralih dari istilah software ke istilah aplikasi untuk merujuk ke hal yang sama.

Ketika mulai blogging tentang komputer, saya baru mengetahui bahwa kedua istilah tersebut berbeda. Ketika menyadarinya, rasanya malu juga. Mungkin orang-orang yang pernah saya ajak ngobrol menertawakan saya dalam hati. Tapi biarlah… Itu bisa jadi pengalaman saya dalam belajar komputer.

Baiklah…

Lalu apa perbedaan software dan aplikasi?

Aplikasi adalah software, tapi software belum tentu aplikasi

Software adalah perangkat lunak. Segala sesuatu yang berwujud perangkat lunak dapat disebut dengan software. Saya sendiri lebih suka menyebut software adalah segala sesuatu yang ada dalam komputer selain komponen fisiknya.

Aplikasi adalah bagian dari software. Sebuah aplikasi dibuat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang dikehendaki oleh penggunanya.

Aplikasi lebih “dekat” dengan manusia

Karena dibuat untuk tujuan tersebut, maka sebuah aplikasi biasanya membutuhkan interaksi dengan penggunanya. Menurut saya pribadi, aplikasi itu lebih dekat dengan manusia daripada software karena aplikasi hampir selalu memerlukan interaksi dengan manusia, sedangkan software sangat jarang membutuhkan interaksi dengan manusia.

Aplikasi lebih spesifik ke sistem operasi tertentu

Aplikasi adalah software yang bersifat khusus (spesifik). Ketika Anda menyebut istilah aplikasi, maka istilah tersebut akan cenderung dihubungkan ke suatu sistem operasi tertentu. Hal ini karena sebuah aplikasi biasanya dibuat untuk sistem operasi tertentu.

Fungsinya: software untuk mesin, aplikasi untuk manusia

Software berfungsi untuk membuat sebuat komputer berfungsi dengan semestinya. Software menghubungkan semua fungsi komponen komputer.

Aplikasi berfungsi untuk membantu pengguna menyelesaikan suatu pekerjaan.

Kebutuhannya: software itu wajib, aplikasi tidak

Software wajib dibutuhkan oleh komputer. Tanpa software, komputer tidak dapat berfungsi.

Aplikasi tidak wajib dibutuhkan oleh komputer. Komputer tanpa aplikasi masi dapat berfungsi, hanya saja tidak dapat digunakan untuk mengerjakan sesuatu.

Contoh penggunaan istilah

Sebuah sistem operasi (XP, Vista, 7) adalah software, bukan aplikasi. Sistem operasi hanyalah suatu dasar saja. Sistem operasi menyediakan tempat agar sebuah aplikasi bisa dijalankan. Komputer yang hanya memiliki sistem operasi tidak akan bisa digunakan untuk bekerja.

Untuk mengerjakan suatu tugas, misalnya mengetik, maka sistem operasi tersebut membutuhkan aplikasi pengolah kata (misal: Ms. Word).

Gambar di atas menunjukkan bahwa sistem operasi adalah sebuah software yang menghubungkan semua peralatan yang berhubungan dengan komputer. Monitor, printer, keyboard, hard drive, RAM, semuanya dapat saling terhubung karena adanya software.

Referensi:
http://portalwongsukses.wordpress.com/2009/03/17/tahukah-anda-perbedaan-program-aplikasi-dan-software/
http://www.differencebetween.net/technology/difference-between-software-and-application/
http://panitiaictsmktp.blogspot.com/2012/05/software-type-of-software.html
Gambar:
http://aj-fahmy.blogspot.com/

Jika ada pertanyaan/kritik/saran tentang artikel diatas silahkan dikomen, tapi saya tidak janji cepat balas, jika urgen bisa hub. 081517777767

6 Responses to “Perbedaan Software dan Aplikasi – Jangan Salah Sebut!”

  1. Setelah booming smartphone, kayaknya kebanyakan software jadi disebut ‘app’. Yah, kebanyakan software yang dikenal orang emang masuknya di kelas aplikasi/game sih ya, buat yang awam mungkin agak susah ngebedainnya karena kurang kenal dengan jenis-jenis software yang lain kayak hardware driver atau sistem operasi (istilah ini udah mulai populer sih) :D

    Reply
  2. begono yah…
    sebelumnya juga kurang begitu memperhatiken dan asal nyebut saja… :)

    Reply
    • Terima kasih komentarnya, Mas Suke…

      Saya juga dulu gitu. Malu sendiri kalo inget waktu saya asal sebut… :D Pingin sok keren, ternyata salah…

      Reply
  3. weh,, weh,, ternyata bedaa ya.. dulu sering banget menyebutkan software sama aplikasi itu sama,, eh ternyata beda.. hehe.. sangat bermanfaat bang..

    Reply
  4. Jiahahahaha….. Nemu uga postingan kaya gini..
    Ternyata Selama nie salah mulu. Pngen keren dengan kata software, eh ternyata salah..hahahaha

    Reply

Related with on Belajar Teknologi Informasi

Cara menjadikan gambar sebagai walpaper di notebook cara mengembalikan aplikasi yang sudah diinstal di laptop acer cara mengirim data foto dari hp ke komputer Kenapa colokan di notebook yang buat modem cardrider ngga bisa dipakai? cara belajar menggunakan lektop fungsi dan contoh piranti ps/2 port Kenapa video yang didownload oleh pc tidak bisa di tonton printer awet dan tahan lama Format buat sistem sebaiknya apa Cara menginstal program pd laptop cara menggunakan 2 procecor di satu laptop

laptop toshiba tiap buka aplikasi loading lama cara nonton di nonton drama pakai windows 8 cara ganti cursor mengapa video tidak bisa diputar di android penyebab media windowplayer bisa dibuks tp tdk muncul gbr panduan mengatasi hapus sofwer di leptop apa itu menginstal software memindah foto dari kamera ke hp melalui otg cara melihat model dual core kenpa droidvpn time out merek komputer yang paling bagus

Related with on Belajar Teknologi Informasi

Cara menjadikan gambar sebagai walpaper di notebook cara mengembalikan aplikasi yang sudah diinstal di laptop acer cara mengirim data foto dari hp ke komputer Kenapa colokan di notebook yang buat modem cardrider ngga bisa dipakai? cara belajar menggunakan lektop fungsi dan contoh piranti ps/2 port Kenapa video yang didownload oleh pc tidak bisa di tonton printer awet dan tahan lama Format buat sistem sebaiknya apa Cara menginstal program pd laptop cara menggunakan 2 procecor di satu laptop

× -