Menu

3 Cara Melindungi Data Diri Anda Secara Online Agar Identitas Anda Aman

03/01/2019 | Teknologi

Kompinia.com | Cara Melindungi Data Diri Anda Secara Online – Internet telah membuka peluang baru bagi semua orang. Baik itu kalangan tua maupun muda mendapat manfaat dari berbagai macam informasi yang tersedia. Sayangnya, terkadang orang-orang yang “mendapat manfaat” dari informasi yang tersedia adalah orang yang mencoba mencuri identitas Anda.

Ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan peretas dengan informasi pribadi yang dapat mereka temukan secara online. Hal yang menakutkan tentang dunia online adalah interaksi kecil yang dapat memberikan terlalu banyak informasi pribadi. Ini dapat memungkinkan orang untuk mengambil alih hidup Anda.

Cara Melindungi Data Diri Anda Secara Online

Cara Melindungi Data Diri Anda Secara Online

Simak ulasan berikut untuk mempelajari beberapa tips tentang cara melindungi identitas Anda secara online, diantaranya adalah :

Media sosial

Media sosial sangat fantastis untuk tetap berhubungan dengan teman lama dan anggota keluarga. Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk bertemu dengan kontak dan jaringan baru untuk bisnis. Game dan kuis yang sangat populer yang membutuhkan akses ke akun Anda adalah peringatan besar. Seringkali situs-situs ini memberi tahu Anda bahwa mereka hanya memiliki akses ke sejumlah kecil informasi. Mereka percaya Anda akan mengizinkan ini sebagai imbalan untuk kehidupan game atau hasil kuis Anda. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah siapa yang Anda terima sebagai teman atau koneksi di media sosial. Saat mempelajari cara melindungi identitas Anda secara online, hal terakhir yang Anda perhatikan adalah orang asing yang melihat postingan dari 6 tahun yang lalu.

Data ini dapat mencakup nama anak-anak Anda, ulang tahun atau hari peringatan. Seringkali, hal ini adalah jenis informasi yang digunakan untuk kata sandi. Ketika melakukan bisnis dengan siapa pun yang membutuhkan data sensitif, maka pertimbangkan untuk bertanya apakah mereka memiliki Identitas dan Manajemen Akses (IAM) seperti Simeio. Jenis pemrograman ini membatasi jumlah karyawan yang memiliki akses ke informasi pribadi Anda.

Berbicara tentang Kata Sandi

Berapa banyak akun online yang Anda miliki? Bisakah Anda menjawabnya? Mungkin saja tidak, karena rata-rata orang memiliki 25 akun yang memerlukan nama pengguna dan kata sandi. Buruknya lagi, kebanyakan orang memiliki 6 atau 7 kata sandi di antara 25 akun yang artinya mereka gunakan kembali. Ini membuatnya sangat mudah untuk mendapatkan informasi pribadi. Selain itu, hal Ini juga berarti bahwa jika seseorang mendapatkan salah satu kata sandi Anda, maka mereka dapat memiliki akses ke media sosial Anda atau situs yang Anda gunakan serta informasi bank Anda. Perbaikan yang cukup mudah untuk masalah ini adalah dengan menggunakan pengelola kata sandi. Hal tersebut memang terlihat rumit, tetapi Anda hanya perlu satu kata sandi untuk mengakses semua akun Anda. Akun Anda akan dilindungi oleh kata sandi super yang hampir tidak mungkin diretas.

Wi-Fi publik

Untuk seseorang yang tidak terlatih, itu bukan masalah besar. Karena mereka tidak terbiasa untuk meretas dengan menggunakan wifi publik. Selain itu, Anda tidak dapat melihat informasi orang lain sehingga mereka tidak dapat melihat Anda, bukan? Hal ini tidak akan terjadi karena peretas, kecuali orang yang terlatih dapat benar-benar melihat dan menangkap bit informasi yang terlihat pada koneksi publik. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk tidak menggunakan wi-fi public atau membawa perangkat yang memungkinkan untuk koneksi pribadi.

Itulah pembahasan mengenai 3 Cara Melindungi Data Diri Anda Secara Online yang harus Anda perhatikan. Semoga bermanfaat ya.

3 Cara Melindungi Data Diri Anda Secara Online Agar Identitas Anda Aman

5.0

Related For 3 Cara Melindungi Data Diri Anda Secara Online Agar Identitas Anda Aman